Menjalankan Cobol di Windows 64 bit Dengan Dosbox

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk menjalankan aplikasi Cobol pada windows 64 bit.
Aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan cobol ini adalah

Langkah-langkah untuk merunningnya yaitu :

  1. Ekstrak IDECobol yang sudah di download tadi dan letakkan di disk sesuka anda, disini saya akan meletakkannya di disk f.
  2. Instal DOSBOX dan Notepad ++.
  3. Selesai diinstal, kita akan membuat file program cobolnya dengan menggunakan notepad ++, simpan dalam format .cob , simpan file program cobol tersebut ke dalam folder yang sama dengan folder IDEcobol. 
  4. Buka aplikasi dosbox, mount disk yang sudah terdapat IDECobol dengan mengetik "mount(space)disk(space)disk:\" tanpa tanda petik, misalnya karena saya menyimpan IDEcobol di Disk F maka saya mengetikkan mount f f:\  
  5. Kemudian masuk ke disk tempat menyimpan IDECobol, lalu masuk lagi ke dalam folder tempat menyimpan file cobol yang telah kita buat tadi
  6. Setelah masuk kita akan mengcompile program yang telah kita buat tadi. caranya dengan mengetikkan cobol namafileprogram.cob
  7. Selanjutnya tekan enter sampai terdapat bacaan no error
  8. Langkah terakhir kita akan merunning program cobol, dengan cara ketikkan runcob namafileprogram.cob
  9. Selesai 
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan-kesalahan penulisan. Terima kasih telah membaca tutorial saya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »